Kamis, 03 April 2008

Apa yang dimaksud Tren Tanaman Hias

Beberapa tahun blakangan ini tren memelihara dan menjual tanaman hias sedang booming, mulai dari kejayaan adenium dr sekitar Th 2000an sampai th 2006, berikutnya menusul aglaonema, yang sempat booming th 2006 juga, tahun berganti tahun, tanaman yang booming mengikuti perubahan tahun, th 2007 pasar dirajai oleh anthurium, walaupun setelah berganti tahun tren tanaman berubah.

tahun 2008, di media mulai marak menebak siapa yang bakal menjadi tren, ternyata pada bulan april ini semua ini terjawab, pada april ini mulai banyak kolektor memburu sansevieria Sp. lho kok aneh tiap tahun trennya berubah, ini yang harusnya kita pikirkan. mengapa perubahan terjadi begitu cepat. Mau tahu penyebabnya, mungkin menurut saya ada sekelompok orang yang memiliki modal besar memainkan passar tanaman hias kita.

sepertinya taktik mereka ialah 'menghilangkan' satu jenis tanaman yang ada di pasar yang berprospek naik 'tahta' pada tahun yang tepat. karena mereka punya modal yang besar dan mengetahui skema pasar secara detil, mereka dengan mudah menciptakan sebuah tren tanaman hias baru di tahun yang baru.

setelah tren mulai tercipta mereka lalu menjual barang secara sedikit-sedikit (untuk mengatrol harga) lalu memberi harga yang tdk karuan.
taktik seperti ini tentu merugikan pemain bermodal kecil. setidaknya inilah yang terjadi pada tahun 2007 pada saat anthurium naik pamornya. sangat licik bukan???

kini lagi maraknya orang memburu sansevieria Sp, karna barangnya memang sangat langka(bukan dibuat-buat), tanaman ini bisa juga naik tahta. selain indah dilihat, tanaman ini mempunyai kelebihan, yaitu menyerap polutan yang berada disekitarnya.

mudah-mudahan tren tanaman hias tahun ini tidak dibuat oleh spekulan lagi, kan kasian petani kecil yang punya barang juga sedikit, dan tidak tahu sekema pasar. tetapi saya optimis th ini, bila Sansevieria naik tahta, tidak akan ada spekulan. karena memang barang yang sangat sedikit untuk varian yang cantik.

ini bukan keiinginan saya, tetapi keinginan semua pencinta tanaman hias. 'pak pekulan yang tamak, th ini jangan membuat spekulasi lagi ya PLEASE!!!

Tidak ada komentar: